cover
Contact Name
Putu Mega Putra
Contact Email
megabizland@gmail.com
Phone
+6285227679500
Journal Mail Official
info@paris.ipb-intl.ac.id
Editorial Address
Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional Jalan Kecak, No. 12, Gatot Subroto Timur Denpasar - Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
ISSN : -     EISSN : 28283325     DOI : https://doi.org/10.22334/paris
Core Subject : Economy, Social,
Paris memuat publikasi ilmiah di bidang pendidikan, pariwisata, bisnis dan kewirausahaan. dengan cakupan bidang sebagai berikut tetapi tidak hanya terbatas pada: 1. Pendidikan pariwisata, 2. Pengembangan kepariwisataan, 3. Pariwisata Berkelanjutan, 4. Pengentasan kemiskinan berbasis sumber daya lokal, 5. Pengelolaan wilayah pedesaan dan pesisir berkearifan lokal, 6. Pengembangan Ekonomi, Bisnis digital, Kewirausahaan, Koperasi, Industri Kreatif, dan UMKM, 7. Seni, sastra, dan budaya, serta integrasi nasional dan harmoni sosial dalam bidang pariwisata.
Articles 22 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 4 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis" : 22 Documents clear
Dampak Pariwisata dan Sikap Masyarakat Terhadap Kedatangan Wisatawan di Desa Wisata Pujon Kidul Kota Batu Victoria Elhanisi; Ida Bagus Made Wiyasha; I Made Trisna Semara
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 4 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i4.381

Abstract

Sasaran utama dari studi yang dijalankan penulis ialah melihat apa dampak pariwisata bagi warga Desa Wisata Pujon Kidul. Melihat hal itu, peneliti berusaha untuk mengetahui pada tahap apa warga Desa Wisata Pujon Kidul berada. Pertumbuhan kegiatan pariwisata ini memiliki dampak yang luas terhadap kehidupan masyarakat. Studi ini mengadopsi metode penelitian campuran, yang didefinisikan sebagai suatu pendekatan penelitian yang mengintegrasikan metode kualitatif dan kuantitatif secara bersamaan untuk aktivitas penelitian. Hal baik dari pengembangan pariwisata di Desa Wisata Pujon Kidul di antaranya ialah memicu adanya pembangunan di desa, terakomodasinya sarana dan prasarana yang memadai, peningkatan pendapatan warga desa, penciptaan lowongan kerja baru, dan perubahan perilaku masyarakat pada generasi berikutnya. Sementara itu, dampak negatifnya antara lain degradasi jalan, peningkatan volume sampah, dan daya saing usaha yang lebih besar. Dari segi sikap, masyarakat sedang dalam euforia. Dimana masyarakat menyambut kedatangan pengunjung dan pariwisata memberikan manfaat bagi masyarakat. Masyarakat sangat mendukung pengembangan pariwisata di desanya untuk lebih menarik wisatawan agar mengunjungi ke Desa Wisata Pujon Kidul. The main target of the study carried out by the author is to see what the impact of tourism on the residents of the Pujon Kidul Tourism Village is. Seeing this, the researchers tried to find out at what stage the residents of the Pujon Kidul Tourism Village were. The growth of tourism activities has a broad impact on people's lives. This study adopts mixed methods research, which is defined as a research approach that integrates qualitative and quantitative methods simultaneously for research activities. The good things about tourism development in Pujon Kidul Tourism Village include triggering development in the village, accommodating adequate facilities and infrastructure, increasing village residents' income, creating new job vacancies, and changing people's behavior in the next generation. Meanwhile, the negative impacts include road degradation, increased volume of waste, and greater business competitiveness. In terms of attitude, society is in a state of euphoria. Where the community welcomes visitors and tourism provides benefits for the community. The community strongly supports the development of tourism in their village to attract more tourists to visit the Pujon Kidul Tourism Village.
Pengaruh “Celebrity Endorsement” dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Generasi Z Indonesia ke Korea Selatan Wayan Indriyani Darma Dewi; I Wayan Kiki Sanjaya; Gusti Ayu Praminatih
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 4 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i4.383

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi, tren dalam strategi pemasaran pun berubah, salah satunya yaitu tren pemasaran dengan penggunaan media sosial dan selebriti yang disebut celebrity endorsement. Salah satunya yang menerapkan strategi celebrity endorsement itu adalah Korea Tourism Organization (KTO). Menerapkan branding pariwisata “Imagine Your Korea”, KTO menggaet boyband Treasure sebagai celebrity endorser destinasi wisata Mokpo, Andong, Busan, Jeonju dan Gangneung melalui serial “Find Your Korea” di kanal YouTube. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh dari celebrity endorsement dan citra destinasi terhadap minat berkunjung Generasi Z Indonesia ke Korea Selatan. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh celebrity endorsement dan citra destinasi terhadap minat berkunjung Generasi Z Indonesia ke Korea Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden dalam bentuk Google Form yang merupakan Generasi Z, penggemar boyband Treasure dan juga belum pernah melakukan kunjungan wisata ke Korea Selatan. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda. Didapatkan hasil penelitian berupa: 1) Celebrity endorsement dan citra destinasi masing-masing berpengaruh signifikan secara parsial bagi minat berkunjung Generasi Z Indonesia, 2) Celebrity endorsement dan citra destinasi juga berpengaruh signifikan secara simultan bagi minat berkunjung Generasi Z Indonesia ke Korea Selatan. Along with the development of technology, trends in marketing strategies have changed, one of which is the marketing trend with the use of social media and celebrities called celebrity endorsements. One of the companies that use the celebrity endorsement technique is the Korea Tourism Organization (KTO). Applying the tourism branding "Imagine Your Korea", KTO recruited boyband Treasure as a celebrity endorser for tourist destinations of Mokpo, Andong, Busan, Jeonju, and Gangneung through the "Find Your Korea" series on the YouTube channel. The formulation of the problem from this study is about how the influence of celebrity endorsement and destination image on the visit intention of the Indonesian Z Generation to South Korea. The purpose of this study was to determine the effect of "Celebrity endorsement" and the image of the destination on the visit intention of the Indonesian Z Generation to South Korea. The research method used is a quantitative method, by distributing a questionnaire through Google Form to 100 respondents who are Z Generation, fans of the boyband Treasure, and also have never made a tourist visit to South Korea. The analysis technique used is the multiple linear regression analysis technique. The results are: 1) Celebrity endorsement and destination image each have a partially significant effect on the visit intention of the Indonesian Z Generation to South Korea, 2) Celebrity endorsement and destination image also have a significant simultaneous effect on the visit intention of the Indonesian Z Generation to South Korea.
Strategi Pemasaran Pada Tradisi Beach Front Villa di Masa New Normal Pandemi Covid-19 I Komang Boy Pratama; I Made Trisna Semara; Komang Shanty Muni Parwati
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 4 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i4.385

Abstract

Bali yang merupakan icon pariwisata Indonesia yang mengalami mati suri akibat wabah COVID-19 yang berkepanjangan. Salah satu akomodasi yang ada dibali, yang sangat merasakan dampak dari COVID-19 ini adalah Tradisi Beach Front Villa. Maka penelitian ini diharapkan dapat membantu manajemen Tradisi Beach Front Villa untuk mengetahui dan menentukan strategi pemasaran dengan teknik bauran pemasaran serta metode SWOT yang tepat, sehingga dapat meningkatkan tingkat hunian kamar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Studi Pustaka, Observasi, Wawancara, Kuesioner, Studi Dokumentasi, dan Teknik Analisis Data. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif Kualitatif, Analisis SWOT, IFAS, dan EFAS. Hasil strategi pemasaran pada Tradisi Beach Front Villa, yaitu villa ini menggunakan variabel SWOT untuk membentuk strategi pemasaran mereka. Hasil analisis IFAS diketahui skor dari kekuatan adalah 2.21 dan skor dari kelemahan yaitu 1.35. Sedangkan untuk analisis EFAS diketahui skor dari peluang adalah 1.99 dan skor dari ancaman adalah 1.38. Hasil dari Kuadran SWOT, perusahaan berada di kuadran 1 yaitu strategi agresif. Tradisi Beach Front Villa memiliki potensi internal dan eksternal yang bermanfaat dalam mendatangkan customer pada masa new normal pandemi COVID-19. Bali, which is an Indonesian tourism icon, has died suspended due to the prolonged COVID-19 outbreak. One of the existing accommodation In Bali, one that has really felt the impact of COVID-19 is the Beach Front Tradition Villas. So this research is expected to help the management of the Beach Front Tradition Villa to find out and determine marketing strategies with mix techniques appropriate marketing and SWOT methods, so as to increase occupancy rates room. Data collection techniques in this study were library research, observation, Interviews, Questionnaires, Documentation Studies, and Data Analysis Techniques. While technique data analysis used is Qualitative Descriptive Analysis, SWOT Analysis, IFAS, and EFAS. The results of the marketing strategy on the Beach Front Villa Tradition, namely this villa use SWOT variables to shape their marketing strategy. Analysis results IFAS known that the score of strength is 2.21 and the score of weakness is 1.35. Meanwhile, for the EFAS analysis, it is known that the score of opportunity is 1.99 and the score is 1.99 threat is 1.38. The results of the SWOT Quadrant, the company is in quadrant 1 namely aggressive strategy. Tradition Beach Front Villa has internal and external potential useful in bringing in customers during the new normal during the COVID-19 pandemic.
Peranan Pelatihan Chse Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Hrd The Sankara Suite I Made Deki Suryananta; Gede Yoga Kharisma Pradana; I Made Hadi Purnantara
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 4 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i4.386

Abstract

Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui peranan Pelatihan CHSE dalam meningkatkan kinerja karyawan, dikarenakan baru dua komponen saja yang sudah diterapkan oleh Hotel The Sankara Suite yaitu Clean dan Health untuk komponen security dan environment lingkungan belum terpenuhi semuanya, karena dalam mendukung industri pariwisata dan ekonomi kreatif di tengah pandemi yang belum juga usai, hotel harus menerapkan CHSE (Clean, Health, Safety, Environment) agar terciptanya kebersihan, kesehatan, keamanan dan ramah lingkungan. Penelitian ini dilakukan di Hotel The Sankara Suite yaitu pada bulan April sampai dengan Juni 2021. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang digunakan untuk mengetahui peranan pelatihan CHSE dalam meningkatkan kinerja karyawan HRD The Sankara Suite, dengan tahapan analisis data: 1. Pengumpulan data, 2. Reduksi data, 3. Penyajian data, dan 4. Penyajian data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan CHSE memberikan peranan dalam meningkatkan kinerja karyawan HRD The Sankara Suite, yang didasari oleh 4 faktor yang saling berhubungan yaitu: Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Lingkungan. Pentingnya menjaga kebersihan, kesehatan dan keramah lingkungan dengan menggunakan pelatihan CHSE bagi Karyawan HRD di The Sankara Suite agar HRD bisa kembali kerja dengan rasa aman seperti bagaimana biasanya dan mendatangkan tamu seperti sebelum pandemi. Sertifikasi CHSE yang diusung oleh kemenparkraf ini tentunya bertujuan untuk mengembalikan kepercayaan wisatawan untuk berkunjung kembali ke destinasi wisata. Diharapkan agar pihak Hotel The Sankara Suite meminta pihak manajemen Hotel untuk mensupport Hotel The Sankara Suite menjadi hemat energy agar penilaian CHSE di The Sankara Suite bisa semua terpenuhi. Hal tersebut juga akan sangat berpengaruh terhadap kegiatan operasional Hotel. The purpose of the research is to find out the role of CHSE Training in improving employee performance, because only two components that have been implemented by The Sankara Suite Hotel, namely Clean and Health for security and environmental components have not been fulfilled, because in supporting the tourism industry and the creative economy in In the midst of a pandemic that has not yet ended, hotels must implement CHSE (Clean, Health, Safety, Environment) in order to create cleanliness, health, security and environmental friendliness. This research was conducted at The Sankara Suite Hotel, from April to June 2021. The data analysis method used in this study was descriptive qualitative which was used to determine the role of CHSE training in improving the performance of HRD The Sankara Suite employees, with data analysis stages: 1 Data collection, 2. Data reduction, 3. Data presentation, and 4. Data presentation. The results of this study indicate that CHSE training plays a role in improving the performance of HRD The Sankara Suite employees, which is based on 4 interrelated factors, namely: Cleanliness, Health, Safety, and Environment. The importance of maintaining cleanliness, health and environmental friendliness by using CHSE training for HRD Employees at The Sankara Suite so that HRD can return to work safely as usual and bring in guests like before the pandemic. The CHSE certification carried out by the Ministry of Tourism and Creative Economy of course aims to restore the confidence of tourists to return to tourist destinations. It is hoped that The Sankara Suite Hotel will ask the Hotel management to support The Sankara Suite Hotel to be energy efficient so that the CHSE assessment at The Sankara Suite can all be fulfilled. This will also greatly affect the hotel's operational activities
Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Prama Sanur Beach Bali Kadek Agus Eka Prananda Putra; Fatrisia Yulianie; I Wayan Restu Suarmana
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 4 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i4.387

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan di Prama Sanur Beach Bali. Waktu penelitian dimulai dari bulan Maret hingga Agustus 2021. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel penelitian ini sebanyak 50 orang karyawan tetap. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t. Hasil uji F menunjukkan F hitung 21,213 > 3,20 F tabel dengan sign = 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi dan lingkungan kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap kinerja karyawan di Prama Sanur Beach Bali. Hasil uji t menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial antara motivasi terhadap kinerja karyawan di Prama Sanur Beach Bali dengan nilai t hitung = 2,024 dengan sign 0,049 < 0,05. Untuk lingkungan kerja menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kinerja karyawan di Prama Sanur Beach Bali dengan nilai t hitung = 4,494 dengan sign 0,00 < 0,05. Analisis koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,474, hal ini menunjukkan 47,4% kinerja karyawan di Prama Sanur Beach Bali dipengaruhi oleh motivasi dan lingkungan kerja, sedangkan sisanya 52,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. This study aims to determine the effect of motivation and work environment on employee performance at Prama Sanur Beach Bali. This study starts from March to August 2021. Sampling uses the purposive sampling method with a total sample of 50 permanent employees. Data were collected using a questionnaire. The data analysis technique used in this study is multiple linear regression analysis, F test, t test. The results of the F test show F value 21.213 > 3.20 F table with sig. = 0.000<0,05 it can be concluded that motivation and work environment have a positive and significant influence on employee performance simultaneously at Prama Sanur Beach Bali. The results of the t-test indicate that is a positive and partially significant effect between motivation on employee performance at Prama Sanur Beach Bali with a t-value = 2.024 with a sig. of 0.049<0,05 For the work environment, it shows that is a positive and partially significant effect on employee performance at Prama Sanur Beach Bali with a t-value = 4.494 with a sig. of 0.00<0,05 Analysis of the coefficient of determination (R2) value is 0.474, it shows 47.4% of employee performance at Prama Sanur Beach Bali is influenced by motivation and work environment, while the remaining 52.6% is influenced by other variables not examined in this study.
Pengaruh Harga dan Pelayanan Food & Beverage Service Teradap Kepuasan Pelanggan di Bamboo Bar & Lounge at Prama Sanur Beach Kadek Ardiana; I Nyoman Sudiarta; Putu Eka Wirawan
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 4 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i4.388

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan pelayanan makanan dan minuman terhadap kepuasan pelanggan pada Bamboo Bar & Lounge Pantai Prama Sanur secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengolah data primer melalui kuesioner yang diberikan kepada pengunjung restoran di Bamboo Bar & Lounge. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 60 responden. Analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik (uji normalitas, uji autokorelasi, uji linieritas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas) dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan harga dan pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Secara parsial harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sehingga restoran Bamboo Bar & Lounge di Pantai Prama Sanur harus memperhatikan harga dan pelayanan agar dapat meningkatkan kepuasan pelanggan di Bamboo Bar & Lounge di pantai Prama Sanur. This study aims to determine the effect of prices and food and beverage services on customer satisfaction at Bamboo Bar & Lounge at Prama Sanur Beach partially and simultaneously. This study uses quantitative methods by processing primary data through questionnaires given to restaurant visitors at Bamboo Bar & Lounge. Sampling using purposive sampling. The sample obtained is as many as 60 respondents. The data analysis used is the classical assumption test (normality test, autocorrelation test, linearity test, multicollinearity test, heteroscedasticity test) and multiple linear regression analysis. The results showed that simultaneously price and service had a significant effect on customer satisfaction. Partially the price has a significant effect on customer satisfaction. Service has a significant effect on customer satisfaction. So the Bamboo Bar & Lounge restaurant at Prama Sanur Beach must pay attention to prices and services in order to be able to increase customer satisfaction at Bamboo Bar & Lounge at Prama Sanur beach.
Pengaruh Suasana Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Hotel Puri Saron Lovina Kadek Surya Prabawa; I Made Sudjana; Dika Pranadwipa Koeswiyono
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 4 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i4.389

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suasana kerja (X) terhadap kinerja karyawan (Y) di Hotel Puri Saron Lovina. Responden yang di gunakan dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan di Hotel Puri Saron Lovina dengan total 46 responden. Data yang di gunakan merupakan data primer yang berasal dari penyebaran kuisioner berupa pertanyaan yang sudah di tentukan dan diisi oleh para karyawan dan sudah tentukan juga penilaiannya dari sangat positif hingga sangat negatif dengan menggunakan skala likert, selanjutnya hasil dari jawaban kuisioner di uji menggunakan uji validitas dan reliabilitas di lanjutkan dengan uji asumsi klasik dan hipotesis di buktikan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai korelasi (hubungan) antara Suasana Kerja dengan Kinerja Karyawan memiliki hubungan yang kuat dengan kinerja karyawan. Nilai koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa pengaruh variabel bebas (suasana kerja) terhadap variabel terikat (kinerja karyawan) sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel yang lain. This study aims to determine the effect of work atmosphere (X) on employee performance (Y) at Hotel Puri Saron Lovina. Respondents used in this study were all employees at Hotel Puri Saron Lovina with a total of 46 respondents. The data used is primary data originating from the distribution of questionnaires in the form of questions that have been determined and filled in by the employees and the assessment has also been determined from very positive to very negative using a Likert scale, then the results of the questionnaire answers are tested using the validity test and reliability is continued with classical assumption test and the hypothesis is proven using simple linear regression analysis. The results showed that the correlation value (relationship) between Work Atmosphere and Employee Performance had a strong relationship with employee performance. The value of the coefficient of determination (R2) indicates that the influence of the independent variable (work atmosphere) on the dependent variable (employee performance) while the rest is influenced by other variables.
Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Tingkat Hunian Kamar di Tengah Pandemic Covid-19 Luh Made Saksiari; Ida Bagus Made Wiyasha; Nyoman Surya Wijaya
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 4 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i4.391

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi potensi lingkungan internal dan eksternal serta menganalisis strategi yang tepat yang akan digunakan untuk meningkatkan tingkat hunian kamar di tengah pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan data kualitatif berupa Bauran Pemasaran 7P dan data kuantitatif berupa hasil kuisioner yang digunakan untuk menentukan analisis SWOT dan analisis Triangulasi. Data primer diperoleh dari hasil wawancara, pemberian bobot dan rating untuk faktor-faktor IFAS, EFAS, sedangkan data sekunder diperoleh dari data statistic seperti three months forecast, history and forecast, cancelation report Pandemic Covid-19. Teknik pengumpulan menggunakan wawancara, observarsi partisifatif, wawancara tidak terstuktur, studi dokumentasi, kuesioner. Hasil penelitian menghasilkan Strategi pemasaran alternatif yang dihasilkan dari kaudran SWOT adalah titik sumbu X (internal) 8,6 dengan sumbu Y (eksternal) 10,6, sehingga koordinat sumbu (x,y) berada pada titik kuadran I, yang artinya berada disituasi yang menguntungkan, dimana memiliki peluang dan kekuatan sehingga peluang pasar yang besar dapat dimanfaatkan secara optimal seperti memanfaatkan lokasi yang strategis, memanfaatkan café lokal yang berdampingan dengan hotel untuk sarana operasional seperti penyediaan breakfast, menambah daya tarik dengan menambahkan guest activity dan melakukan promosi mengenai kegiatan operasioal hotel selama pandemi dengan memanfaatkan teknologi digitalisasi untuk menarik tamu untuk berkunjung. Hasil analisa Triangulasi berdasarkan focus strategy serta hasil analisa kuadran SWOT menunjukkan perlu berfokus dalam memperbaharui website dengan promo-promo terbaru, melakukan promosi secara berkala melalui sosial media seperti instagram dan facebook, menambah benefit kepada tamu yang menginap, serta melakukan competitor analysis dengan menyesuaikan harga kompetitor dan memperbaharui publish rate supaya memiliki harga saing yang sesuai dengan kompetitronya. The purpose of this study is to identify the potential of the internal and external environment and to analyze the appropriate strategies to be used to increase room occupancy rates amid the COVID-19 pandemic. This study uses qualitative data in the form of the 7P Marketing Mix and quantitative data in the form of questionnaire results used to determine the SWOT analysis and triangulation analysis. Primary data was obtained from interviews, giving weights and ratings for IFAS, EFAS factors, while secondary data was obtained from statistical data such as three months forecast, history and forecast, Cancellation Report of the Pandemic Covid-19. Collection techniques using interviews, participatory observation, unstructured interviews, documentation studies, questionnaires. The results of the study yielded an alternative marketing strategy that resulted from the SWOT quadrant, namely the X (internal) axis point 8.6 and the Y (external) axis 10.6, so that the coordinates of the (x,y) axis are at the point of quadrant I, which means it is in a good location. profitable, which has opportunities and strengths so that large market opportunities can be utilized optimally such as taking advantage of strategic locations, utilizing local cafes adjacent to hotels for operational facilities such as providing breakfast, adding attraction by adding guest activities and conducting promotions regarding hotel operational activities during a pandemic by utilizing digitization technology to attract guests to visit. The results of the Triangulation analysis based on the focus strategy as well as the results of the SWOT quadrant analysis show that it is necessary to focus on updating the website with the latest promos, conducting regular promotions through social media such as Instagram and Facebook, adding benefits to guests who stay overnight, and conducting competitor analysis by adjusting competitors' prices. and update the publish rate so that it has a competitive price in accordance with its competitors.
Peranan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Made Karina Puspa Paramita; Luh Eka Susanti; Bondan Pambudi
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 4 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i4.392

Abstract

Dengan adanya COVID-19 perkembangan perusahaan restoran maupun hotel saat ini tentunya mengandalkan media sosial sebagai pemasaran. Media sosial saat ini sudah tidak asing lagi dikenal oleh kalangan masyarakat, Oleh karena itu pemasaran elektronik dapat dipandang sebagai sebuah praktek bisnis modern. Montana Del Café telah memanfaatkan media sosialnya sebagai salah satu pemasarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagamaina peranan media sosial sebagai pemasaran di Montana Del Café. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan analisis SWOT. Sumber data yang digunakan merupakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Data diperoleh melalui proses wawancara, dokumentasi, teknik pengambilan basis data. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa penggunaan Instagram dan Facebook sebagai media sosial yang digunakan di Montana Del Café memegang peranan untuk mewaliki sebagai media promotor, sebagai alat pengenalan produk, meningkatkan penjualan, meningkatkan brand image, memperluas jangkauan pemasaran, sebagai media komunikasi antar pelanggan, meningkatkan konsumen potensial, serta untuk meningkatkan awareness dan promotion. Dibandingkan dengan penelitian terdahulu mengenai peran media sosial sebagai media pemasaran, penggunaan media sosial yang dilakukan Montana Del Café sudah maksimal dan efektif. With the COVID-19, the development of restaurant and hotel companies today, of course, relies on social media as marketing. Social media is now familiar to the public, therefore electronic marketing can be seen as a modern business practice. Montana Del Café has used social media as one of its marketing. The purpose of this study was to determine the role of social media as marketing in Montana Del Café. This research uses descriptive qualitative method and SWOT analysis. The data sources used are primary data sources and secondary data sources. Data obtained through the process of interviews, documentation, database retrieval techniques. The results of this study found that the use of Instagram and Facebook as social media used in Montana Del Café plays a role to represent as a media promoter, as a product introduction tool, increase sales, increase brand image, expand marketing reach, as a medium of communication between customers, increase consumers potential, as well as to increase awareness and promotion. Compared to previous research on the role of social media as a marketing medium, Montana Del Café's use of social media is maximal and effective.
Pengaruh Rekrutmen, Kompetensi dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan Ni Ketut Devina Sari; Made Arya Astina; Gusti Ayu Praminatih
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 4 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i4.393

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah unrtuk mengetahui pengaruh rekrutmen , komptetensi dan pengembangan karir terhadap kinerja karyawan di Hotel Bali Mandira Beach Resort & Spa Legian. Penelitian ini dilakukan di Bali Mandira Beach Resort & SPA Legian, yaitu pada bulan Februari sampai dengan Juni 2021. Jenis penelitan adalah penelitian korelasional. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda yang digunakan untuk mengetahui pengaruh Rekrutmen, Kompetensi dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja. Sampel digunakan sebanyak 40 orang karyawan dengan teknik sampling jenuh. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan SPSS 25.0. Hasil penelitian ini menunjukkan Rekrutmen, Kompetensi dan pengembangan karir berpengaruh sangat signifikan (p<0,01) secara parsial terhadap Kinerja Karyawan Kemudian, Rekrutmen, Kompetensi dan Pengembangan karir berpengaruh sangat signifikan (p<0,01) secara simultan terhadap Kinerja Karyawan. Employees who are skilled in serving hotel guests according to their competence will improve the quality of service and performance of a hotel as a whole. This research was conducted at Bali Mandira Beach Resort & SPA Legian, from February to June 2021. The data analysis method used in this study was multiple linear regression which was used to determine the effect of Recruitment, Competence and Career Development on Performance by distributing questionnaires to The sample of 40 employees used as a saturated sampling technique. Testing the research hypothesis using SPSS 25.0. The results of this study indicate that recruitment, competence and career development have a very significant effect partially on employee performance, getting results of 0.000 < 0.01. Then, Recruitment, Competence and Development have a very significant effect simultaneously on Employee Performance getting the results 0.000 <0.001. It can be concluded that the results show that recruitment, competence and employee development affect employee performance. Employees can produce quality work that either matches or exceeds the standards set by the company.

Page 1 of 3 | Total Record : 22